Mendag: Jelang Lebaran, Stok Pangan di Berbagai Daerah Cukup

By Admin


nusakini.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (30/6/2016 ) menyatakan, stok pangan mencukupi di berbagai daerah di Tanah Air, pada H-7 menjelang Lebaran.

Mendag mengatakan, Kementerian Perdagangan terus memantau ketersediaan pangan dan keamanan jalur distribusi untuk memastikan ketersediaan kebutuhan masyarakat yang akan merayakan Lebaran. 

"Saya kira yang utama adalah dalam penilaian kami stok pangan di mana-mana mencukupi. Stok aman. Jalur-jalur distribusi juga aman. Kami tentunya pantau terus khususnya hingga ke bagian dari negara yang terkena bencana alam, seperti tanah longsor," kata Mendag. 

Dia mengatakan, secara umum tidak terjadi gangguan apa pun untuk distribusi pangan di daerah yang terkena bencana dan wilayah kepulauan yang mengalami gelombang tinggi. 

"Kami juga sadar saat ini banyak hujan jadi banyak tanah longsor. Maka ada wilayah kepulauan di mana gelombangnya besar sekali. Jadi, kami khawatir mengenai pengapalan, tapi kami memastikan kapal-kapal juga bisa mengangkut pangan ke wilayah kepulauan. Tapi secara umum saat ini kami nilai stok dan jalur distribusi masih aman," jelas dia. 

Namun, kata Mendag, akan terus mengawasi ketersediaan pasokan dan jalur distribusi pangan untuk selanjutnya dievaluasi. 

"Saya kira kita harus monitor minggu ke minggu. Saya yakin nanti setelah Lebaran akan ada rakor di mana kita akan mengumpulkan semua data-data hasil dari operasi pasar, tren harga pangan, tren tingkat stok di titik-titik distribusi. Nanti setelah itu kita akan lihat lagi," kata Mendag.(ifm/mk)